Now playing

Rate this item
(0 votes)
in Ragam

SKTM !!! Siapa sajakah yang berhak !?

By Published July 06, 2019
Apa itu SKTM? SKTM adalah singkatan dari Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Desa, adapun kegunaan SKTM ini sendiri sebagai pembantu keringanan biaya pengobatan di rumah sakit maupun sebagai persyaratan untuk mendapatkan dana bantuan keringanan biaya sakolah.

Adapun yang berhak mendapatkan SKTM ini hanyalah dari golongan yang tidak mampu sesuai BDT ( Basis Data Terpadu ) yang dikeluarkan oleh kementrian Dinas Sosial Wilayah setempat, Beda peruntukan juga beda dalam tata cara pengurusan SKTM ini.

Silahkan anda baca persyaratan dan tata cara pengurusan SKTM ini dengan teliti, agar tidak bolak-balik menyiapkan kelengkapan persyaratannya.

Persyaratan Administrasi : 1. Surat Pengantar dari RT setempat 2. Foto Copy KTP 3. Foto Copy KK 4. Surat pernyataan tidak mampu

Tata Cara Pengurusan SKTM biaya Rumah Sakit : 1. Datang langsung ke kantor kelurahan / Balai Desa Setempat dengan membawa kelengkapan tersebut diatas. 2. Ambil surat pernyataan miskin dan di tanda tangani yang bersangkutan dengan materai 6000, tanda tangan RT dan RW, tanda tangan kepala desa. 3. Datang ke kecamatan Setempat untuk minta tanda tangan ke pak camat. 4. Selanjutnya silahkan datang ke kantor Kementrian Dinas Sosial Daerah untuk meminta surat yang akan diberikan ke rumah sakit. 5. Berikan surat dari Dinsos tersebut ke Rumah Sakit yang merawat pasien.

14 KRITERIA MISKIN MENURUT STANDAR BPS : 1) Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8m2 per orang 2) Jenis lantai tempat tinggal terbuat dari tanah/bambu/kayu murahan 3) Jenis dinding tempat tinggal dari bambu/ rumbia/ kayu berkualitas rendah/tembok tanpa diplester. 4) Tidak memiliki fasilitas buang air besar/ bersama-sama dengan rumah tangga lain. 5) Sumber penerangan rumah tangga tidak menggunakan listrik. 6) Sumber air minum berasal dari sumur/ mata air tidak terlindung/ sungai/ air hujan. 7) Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar/ arang/ minyak tanah 8) Hanya mengkonsumsi daging/ susu/ ayam dalam satu kali seminggu. 9) Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun 10) Hanya sanggup makan sebanyak satu/ dua kali dalam sehari 11) Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di puskesmas/ poliklinik 12) Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah: petani dengan luas lahan 500m2, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan dan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan dibawah Rp. 600.000,- per bulan 13) Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga: tidak sekolah/ tidak tamat SD/ tamat SD. 14) Tidak memiliki tabungan/ barang yang mudah dijual dengan minimal Rp. 500.000,- seperti sepeda motor kredit/ non kredit, emas, ternak, kapal motor, atau barang modal lainnya.

Keterangan ; Jika minimal 9 variabel terpenuhi maka suatu rumah tangga miskin. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita semua. (Fp)
Read 313 times