Now playing

Rate this item
(0 votes)

Serah SK Perhutanan Sosial, Kelompok Tani Lamongan.

Published July 25, 2019
Lamongan merupakan salah satu Lumbung jagung jawa timur, Komoditi jagung petani Lamongan diharapkan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Harapan itu di sampaikan setelah Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan resmi menyerahkan SK Perhutanan Sosial seluas 439,2 hektar untuk 269 KK kepada beberapa Kelompok Tani Hutan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penerbitan ini dilakukan di Lapangan Desa Solokuro, Lamongan, pada Kamis (25/7/2019).

Di dalam Agenda ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati, dan dimpanigi oleh Ketua LMDH Wonosakti, Solokuro, Amrozi. Dalam sambutanya wabup merespon positif penambahan lahan yang awalnya hanya 100 bengkok, sekarang ditambah oleh perhutani dengan SK Perhutanan Sosial KMLH menjadi 2,5 ha tiap orang.

“Hal ini dirasa baik dan menjadi angin segar oleh para petani, agar bisa meningkatkan ekonomi dan juga menjadikan Lamongan sebagai lumbung pangan nasional,” ujar wabup.

Kartika juga menambahkan bahwa LMDH harus menggunakan sistem pertanian modern agar hasilnya juga bisa berlipat dari rata-rata 7/8 ton per ha, menjadi 10 ha ke atas.

“Selain itu saya minta para petani agar menjadi petani cerdas untuk mengolah jagung tersebut menjadi jagung olahan, misal dibikin kripik dan sebagainya, agar nilai jualnya makin tinggi untuk menaikkan ekonomi masyarakat kawasan hutan,” terang nya. (*)
Read 127 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.