Now playing

Rate this item
(0 votes)

POLRI rencana luncurkan "Smart SIM"

By Published August 29, 2019
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, rencananya akan meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi. Selasa (27/8/2019).

Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) rencananya akan di luncurkan pada (22/9) mendatang. Selain disebut sebagai SIM pintar karena bisa berfungsi sebagai uang elektronik seperti e-money, SIM ini juga diklaim memiliki banyak kelebihan, karena mampu menyimpan beragam data seperti pengisian saldo yang bisa mencapai Rp 2 juta.

Irjen Pol Refdi Andri, kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri menejelaskan untuk biaya pembuatan baru hingga perpanjang, sama seperti SIM yang lama.

“Ada anggapan bahwa tarifnya naik, dan menyusahkan masyarakat. Jelas itu salah, karena tidak ada kenaikan atau sama saja seperti tarif membuat dan memperpanjang masa berlaku yang model lama,” tutur Refdi. (26/8).

Menutnya, untuk proses permohonan hingga prosedur atau syarat-syarat juga tetap sama, hanya saja akan dititik beratkan pada bagian uji teori. Sebab, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Nantinya prosesnya sama saja semuanya, hanya secara kualitas SIM nya saja yang kita tingkatkan. Kita selalu berinovasi, dalam waktu dekat akan ada Smart SIM yang benar-benar canggih,” ucap jenderal polisi bintang dua itu.

Selain itu, Refdi juga menuturkan bahwa, SIM tersebut juga akan ditanamkan chip yang fungsinya menyimpan seluruh data pemilik, seperti alamat rumah, data pribadi, dan lain sebagainya.

“Untuk yang sekarang masih pakai SIM jenis lama, ketika nanti masa berlaku habis dan melakukan perpanjangan, maka akan langsung mendapatkan yang model baru (Smart SIM),” jelas Refdi.

Biaya Pembuatan SIM sendiri sudah diatur dalam ketentuan PP Nomor 60 Tahun 2016. Berikut daftarnya:

Penerbitan SIM A (Rp 120.000) Penerbitan SIM A Umum (Rp 120.000) Penerbitan SIM B1 (Rp 120.000) Penerbitan SIM B1 Umum (Rp 120.000) Penerbitan SIM B2 (Rp 120.000) Penerbitan SIM B2 Umum (Rp 120.000) Penerbitan SIM C (Rp 100.000)

Selanjutnya tarif perpanjangan masa berlaku SIM:

Perpanjang masa berlaku SIM A (Rp 80.000)Perpanjang masa berlaku SIM B (Rp 80.000)Perpanjang masa berlaku SIM C (Rp 75.000)Perpanjang masa berlaku SIM D (Rp 30.000).

“Ini bisa untuk pembayaran. Dengan saldo maksimal 2 juta rupiah. Kita bisa belanja di toko-toko online, tol, kereta api pokoknya semua yang menggunakan kartu elektronik kita bisa gunakan disitu. Kita kerjasama dengan BNI,” jelasnya.

Refli Andri menegaskan, biaya pembuatan baru hingga perpanjangan, nilainya sama seperti SIM yang lama. Proses permohonan hingga prosedurnya juga tetap sama.

“Nantinya prosesnya sama saja semuanya, hanya secara kualitas SIM nya saja yang kita tingkatkan. Kita selalu berinovasi, dalam waktu dekat akan ada Smart SIM yang benar-benar canggih,” tegas Refli Andri. (*)
Read 108 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.