Now playing

Rate this item
(0 votes)

Pilkades Serentak, 897 Calon Kades Deklarasi Damai Wujudkan zero conflict

Published September 05, 2019
Seluruh calon Kepala Desa (Cakades) dari 385 desa se-Kabupaten Lamongan, Kamis (05/09/2019) menandatangani deklarasi damai di Pendopo Lokatantra.

Penandatanganan deklarasi tersebut juga diketahui oleh jajaran forkopimda dan forkopimcam dalam upaya menghilangkan konflik (zero conflict) saat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)

“Sebenarnya deklarasi damai sudah pernah dilaksanakan di masing-masing wilayah cakades, baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan,”kata Bupati Fadeli,SH,MM kepada sejumlah awak media.

Fadeli menyampaikan, deklarasi kali ini terselenggara berkat aspirasi yang berhasil ditampung dari masyarakat dan seluruh cakades dengan tujuan mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan setiap tahapan proses Pilkades.

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan deklarasi damai ini menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya konflik. Menurutnya, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Polres Lamongan, ada 83 desa yang dinilai memiliki potensi terjadinya konflik sehingga harus mendapatkan perhatian khusus.

"Ada 83 desa yang akan kita fokuskan untuk maksimalkan dan akan kita profiling kembali menjelang pelaksanaan pilkadesnya," kata Feby seusai deklarasi damai di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan, Kamis (5/9/2019).

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli menyayangkan sebagian cakades tidak ikut serta dalam deklarasi damai ini. Fadeli menyebut cakades yang tidak mengikuti deklarasi damai berarti belum siap menang. "Dari 897 calon, tidak semuanya hadir, hampir setiap kecamatan ada yang tidak hadir. Yang tidak hadir ini berarti belum siap menang. Justru yang hadir ini adalah ksatria, yang benar-benar memahami demokrasi," tambahnya.

Fadeli berpesan kepada cakades yang hadir agar bersaing secara sehat dan tetap menjaga keutuhan di kalangan masyarakat. "Saya melihat semangat untuk tetap kompak, guyub, rukun. Insyaallah nanti pelaksanaannya tetap aman dan sukses," harapnya. (ID)
Read 117 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.