Now playing

Rate this item
(0 votes)

PERINGATI HGN 2020 RADIO PRAMESWARA FM GELAR RADIO TALKSHOW BERTEMA GURU, LITERASI DAN PERADABAN

Published November 25, 2020
PrameswaraFM Lamongan - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang sudah berlangsung selama 7 bulan terakhir membuat semua lini kehidupan seakan mati suri, salah satunya adalah sektor pendidikan. Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2020, Radio Prameswara Lamongan menggelar Radio Talkshow dengan tema “Guru, Literasi, dan Peradaban” pada Rabu 25/11/2020.

Chusnu Yuli Setya, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan yang menjadi salah satu pemateri dalam radio talkshow mengatakan, peranan guru sangatlah penting dalam proses pembelajaran siswa dalam situasi pandemi seperti sekarang ini yang dilakukan secara daring.

Menurutnya, Kabupaten Lamongan sendiri sudah siap menjadi percontohan Nasional pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru 2021 nanti.

“Kita sudah siap terbukti sekolah-sekolah juga sudah melakukan simulasi pembelajaran tatap muka dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini,” tegasnya.

Chusnu juga menambahkan pada peringatan HGN 2020 ini, pentingnya guru “melek” literasi untuk menyiapkan para siswanya dengan sistem pembelajaran Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

“Yang terpenting saat ini, para guru menyiapkan para siswanya dengan literasi pembelajaran model AKM dimana program ini sudah berbasis dengan program of International Student Assesment,” tambahnya.

Chusnu juga berpesan dalam HGN 2020 ini, meskipun dalam masa pandemi tidak mengendorkan semangat para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Selamat Hari Guru Nasional, semoga pandemi tidak menyurutkan semangat para Guru untuk terus mengabdi dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Lamongan,” harapnya.

Sementara itu Mahfud Aly, salah satu guru berharap dalam momentum HGN 2020 ini, pihak pemerintah lebih memperhatikan peranan guru, terlebih guru honorer yang memiliki peranan penting di sekolah. “Guru honorer perannya sangat vital disekolah, jadi semoga pemerintah lebih memperhatikan nasib mereka,” harapnya.

Aly sapaan akrabnya menambahkan, dirinya juga mengapresiasi program pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang dianggap membantu para guru honorer mendapatkan hak mereka. “Alhamdulillah, semoga peranan guru bisa lebih maksimal dengan program PPPK tersebut,” pungkasnya. (Fath)
Read 105 times