Now playing

Rate this item
(0 votes)

Manfaat Bangun Tidur Waktu Subuh Bagi Kesehatan Anda

By Published October 13, 2020
Kalian merupakan penderita insomnia atau sudah menjadi kebiasaan tidur sampai pagi? Yang jelas, ketika sering tidur pagi, itu akan merugikan diri Anda, karna hal itu bisa merusak kesehatan dan juga bisa menurunkan performa kerja akibat kekurangan tidur atau pola tidur yang tidak baik.

Pola tidur yang baik adalah ketika tubuh seseorang mulai mengantuk dan tertidur dalam waktu 10-15 menit setelah berbaring baik diatas kasur maupun tidak diatas kasur dan terbangun dengan perasaan tubuh yang segar dan bertenaga. Dan bagi kalian yang bangun tidur waktu subuh, beruntunglah kalian karena banyak manfaatnya juga bagi kesehatan kalian.

Bangun waktu subuh akan membuat tubuh lebih bugar, karna menghirup udara yang masih segar dan bersih!

Saat fajar atau pagi hari, kandungan gas O3 atau Ozon masih sangat melimpah. Gas Ozon juga kerap kali sering muncul ketika hujan atau setelah hujan. Hal ini baik untuk kesehatan tubuh ketika udara yang masih segar dan bersih dihirup dan masuk ke dalam paru-paru kita. Studi menunjukkan bahwa ozon dapat menghambat virus, protozoa, dan jamur. Ozon juga dapat menstimulus metabolisme oksigen dan juga dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Jadi, ketika seseorang menghirup udara waktu subuh pagi hari atau fajar maka kita akan merasakan kenikmatan dan kesegaran.

Kinerja otak akan menjadi lebih efektif, karena peredaran darah lancar dan bisa meningkatkan konsentrasi maupun daya ingat!

Perlu diingat, jika kalian sering bangun pagi dan menghirup udara segar maka kemungkinan kecil orang tersebut akan mengalami gejala pikun atau lupa ingatan dibandingkan orang yang biasa bangun siang. Di saat kita menghirup udara segar waktu subuh pagi hari atau fajar, kecepatan aliran darah yang kaya akan oksigen menuju otak akan bertambah. Sehingga otak akan lebih cepat bekerja. Itulah mengapa mempelajari sesuatu saat fajar lebih mudah dipahami dan dihafal ketimbang belajar hingga larut malam.

Terbiasa dengan bangun subuh bisa membuat kita menjadi lebih sehat, sejahtera, dan bijaksana!

Bangun di waktu fajar, selain bermanfaat bagi kesehatan dan mental juga memberikan efek poisitif bagi kesehatan emosional dalam diri. Waktu fajar juga merupakan dimana situasi kondisi masih sangat tenang dan nyaman sehingga kita akan lebih rileks dalam mempersiapkan diri untuk menjalani aktivitas. Beberapa pakar psikolog menyatakan bahwa orang yang kerap bangun pagi memiliki sikap yang lebih sopan dan bijkasana.

Bisa melakukan apa saja, sehingga produktivitas meningkat!

Beberapa pakar menyatakan orang yang kerap bangun pagi dapat menetapkan keputusan dan tujuan hidupnya dengan tepat. Di waktu yang tenang ini, kamu bisa melakukan apa saja tanpa adanya gangguan. Jika kamu mau olahraga tapi masih kepagian, kamu bisa melakukan hobi atau menyempatkan diri untuk membaca, menyusun agenda kerja, atau menerjakan perkerjaan yang sempat tertunda. Intinya, manfaatkan situasi yang tenang dan sunyi untuk kegiatan yang bermanfaat.

Bangun lebih pagi, maka kalian akan terhindarkan dari kemalasan!

Bangunlah lebih pagi. Kesehatan jasmani dan kesegaran jiwa yang telah didapat saat bangun lebih pagi tentu membuat tubuh terasa lebih bugar, penuh semangat, dan dijauhkan dari bermalas-malasan. Melalaikan bangun pagi akan menimbulkan rasa malas dan kurang semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Dengan membiasakan diri untuk menyegerakan bangun di pagi hari, selain menunjang tingkat keimanan menjadi lebih kuat, juga merupakan satu langkah awal dalam menjadikan hari-hari lebih berkah, penuh semangat, serta menyehatkan jiwa dan raga.

Bangun tidur waktu subuh atau sebelum subuh akan membukakan pintu rezeki kalian!

Ada pepeatah bilang, “Bangun pagi, biar rezekinya nggak dipatok ayam”, keberkahan di pagi hari telah membangun komitmen kuat di dalam jati diri yang menggugah rasa semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Konon, di waktu pagi, terutama sebelum matahari terbit adalah waktu di mana para malaikat diutus oleh Tuhan untuk menyebarkan rezeki kepada umat manusia di dunia. Jika kamu tersadar dan mencoba mencermati atau mengamati, banyak dari kalangan orang tua yang bangun waktu subuh. Mereka jarang mengeluh dan hal ini memberikan dampak positif bagi mental, fisik, serta emosional.

Untuk yang sudah membaca artikel ini. Semoga kita semua dapat membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Semoga bermanfaat. (Avyv)*disadur dari berbagai sumber online.
Read 28 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.